Pengertian Lampu LED

/
September 12, 2019

Pernahkah Anda melihat suatu bohlam yang memiliki cahaya seperti titik titik? Ya, itulah lampu LED.

LED merupakan singkatan dari Light Emitting Diode atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Diode Pancaran Cahaya. Lampu LED adalah lampu yang berbentuk bohlam dan berisi titik-titik. Kenapa disebut titik-titik? Karena Lampu LED adalah komponen elektronika yang mempunyai kemampuan dalam memancarkan cahaya monokromatik pada saat diberikan tegangan maju.

Bentuknya yang kecil layaknya sebuah bohlam kecil membuat Lampu LED dapat dengan mudah dipasangkan pada berbagai perangkat elektronika. Selain itu, Lampu LED adalah lampu yang memancarkan cahaya berdasarkan jenis dari bahan semikonduktor yang digunakan. Tidak hanya itu, cahaya yang akan dipancarkan Lampu LED hanya terpancar jika adanya aliran tegangan maju dari anoda menuju ke katoda.

Seiring dengan perkembangan zaman, lampu LED adalah lampu yang sudah memiliki ragam warna diantaranya adalah warna kuning, merah, biru, hijau, putih, inframerah dan jingga. Warna-warna tersebut akan bergantung pada senyawa semikonduktorsertapanjang gelombang yang digunakan. Biasanya Lampu LED memiliki fungsi sebagai penunjuk status suatu perangkat elektronika.

Lampu LED adalah lampu yang sering kita jumpai pada saat sekarang ini, kehadirannya banyak diminati oleh masyarakat karena tidak mengandung bahan yang berbahaya seperti merkuri, tidak akan menimbulkan panas, cukup tahan lama dan juga hemat dengan penggunaan listrik.
Lampu LED adalah lampu yang tidak menimbulkan panas pada saat menghasilkan cahayanya karena tidak memerlukan pembakaran pada filamen tidak seperti pada lampu pijar. Karena bentuknya yang kecil dan sederhana lampu ini banyak digunakan sebagai lampu penerangan.

Beberapa contoh produk yang menggunakan bahan lampu LED saat ini diantaranya lampu penerang jalan, lampu indikator, lampu dekorasi baik interior maupun exterior, lampu penerangan rumah, flash light HP, hard dick eksternal, proyektor, papan iklan, backlight LCD pada TV, display handphone dan monitor, dan juga digunakan pada pemancar inframerah pada remote control yang biasa kita gunakan pada AC, TV, AV player.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!